Selasa, 20 November 2012

Pagu VS PT. NHM

 Masyarakat adat pagu saat ini sedang melakukan konsolidasi bersama terhadap ekspansi PT. Nusa Halmahera Mineral yang sudah mulai membongkar hutan adat milik masyarakat adat Pagu. Hal ini  dilakukan sebagai bentuk kekecewaan dan perlawanan masyarakat adat Pagu terhadap kehadiran perusahan tambang milik Australia yang sudah beroperasi sejak 12 tahun lalu itu. Selain itupun bencana ekologis berupa pembuangan limbah sisa produksi ke kawasan adat telah menyebabkan kerusakan lingkungan dan sumber penyakit bagi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir. Masyarakat pesisir mulai merasakan dampak pembuangan merkuri dan arsen ke wilayah teluk Kao.

Dana Comunity Development yang dibagikan  kepada masyarakat pun dirasa sangat tidak adil dan penuh dengan kepentingan berbagai pihak. Hal ini pun diperkuat dengan berbagai temuan yang didapat dilapangan. Dana yang diberikan ke desa hampir 500 juta ternyata tidak ada yang berubah dari wajah desa tersebut. Dan juga berbagai kepentingan dari para kontraktor yang menjadi suplier, menjadikan dana pengembangan masyarakat ini sebagai ladang bisnisnya mereka dengan mengorbankan masyarakat adat pada khususnya dan masyarakat lingkar tambang pada umumnya.

Apa yang harus kita lakukan???
Kita harus kembali membangun solidaritas diantara sesama masyarakat khususnya para generasi muda dengan merubah mind set mereka untuk berjuang bersama mengembalikan martabat masyarakat adat Pagu di Halmahera. Dan juga generasi muda diharapkan menjadi ujung tombak perjuangan adat dengan berdiri di depan menghadang segala bentuk pembodohan terhadap masyarakat adat Pagu.. satukan tekad, rapatkan barisan dan mari berjuang untuk kedaulatan masyarakat adat Pagu...
Otuuuu,,,,,,,,,yeeee,,,,,,,

2 komentar: